INFORMASI
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU
SMA NEGERI 1 BANJARMASIN
TP. 2021/2022

Berkas yang harus disiapkan saat mendaftar PPDB Online :

1. Persiapkan beberapa dokumen yang harus di siapkan antara lain ;

a. Dokumen umum

  • Ijazah/ STTB/ SKL untuk SMP/ MTs/ sederajat/ Paket B
  • Akte Kelahiran
  • Kartu keluarga (Apabila tidak bisa di upload karena KK usianya kurang dari 1 tahun maka gunakan Surat Domisili dari RT)
  • KTP orang tua/ Wali
  • Surat keterangan tidak buta warna dari puskesmas/ rumah sakit/ klinik yang di tandatangani dokter
  • Surat Pernyataan Pertanggung Jawaban Mutlak yang telah di isi, di beri materai 6.000 dan di tanda tangani

keterangan :
file di buat terpisah antara ijazah, KTP, Kartu Keluarga, dll
contoh :

  • file Ijazah di file ijazah.pdf
  • file KTP orang tua di file ktportu.pdf
  • file kartu keluarga di file KK.pdf

b. Tambahan dokumen untuk Jalur Afirmasi

  • Kartu Indonesia Pintar (KIP)
  • Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
  • Kartu Pra Sejahtera (KPS)
  • Kartu Indonesia Sehat (KIS)

2. Buka / klik menuju halaman https://kalsel.siap-ppdb.com

3. Isi informasi sesuai dengan data dari calon siswa

  • Data alamat
  • Nomer handphone/ seluler yang aktif dan bisa di hubungi secara aplikasi Whatsapp ( karena apabila ada kesalahan dalam pengisian Nomer handphone/ seluler anda akan di hubungi oleh petugas kami)
  • Nilai yang di masukkan atau di input untuk angkatan lulus 2020 adalah nilai yang tertera pada Surat Keterangan Lulus (SKL). Sedangkan utk lulusan sebelum tahun 2020 sesuai nilai ijazah/ STTB

Keterangan :
Untuk lulusan tahun 2021 bisa menggunakan SKL atau ijazah sementara yang berisi nilai
Yang di input/ di masukkan adalah :

  1. Apabila SMP/ MTs asal tidak melaksanakan ujian sekolah dan tertera tertera nilai akhir atau nilai rata-rata raport sekolah pada SKL atau ijazah sementara, maka yang di upload atau yang dimasukkan adalah nilai akhir yang di tetapkan oleh sekolah atau nilai rata-rata raport
  2. Apabila SMP asal melaksanakan ujian sekolah dan tertera tertera nilai ujian sekolah pada SKL atau ijazah sementara, maka yg dipakai nilai rata2 ujian sekolah,
  3. Apabila SMP/ MTs asal pada SKL atau ijazah sementara tidak tertera nilai kepada lulusannya, maka calon siswa harus segera melakukan konfermasi ke sekolah asal untuk di buatkan segera SKL yang berisi nilai akhir/ nilai ujian sekolah/ nilai rata-rata raport

PERSYARATAN CALON PESERTA DIDIK BARU

JALUR PENERIMAAN

  1. Domisili calon peserta didik berdasarkan alamat pada kartu keluarga yang diterbitkan paling singkat 1 (satu) tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB
  2. Jika kartu keluarga tidak dimiliki oleh calon peserta didik karena keadaan tertentu, maka dapat diganti dengan surat keterangan domisili.

Keadaan tertentu meliputi:

  1. bencana alam; dan/atau
  2. bencana sosial 
  3. Penetapan Zonasi
  1. Jalur afirmasi diperuntukkan bagi peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dan penyandang disabilitas.
  2. Peserta didik yang melalui jalur afirmasi merupakan peserta didik yang berdomisili di dalam dan di luar wilayah zonasi Sekolah yang bersangkutan.
  3. Jika calon peserta didik yang mendaftar melalui jalur afirmasi melampaui jumlah kuota jalur afirmasi yang ditetapkan oleh Pemda setempat, maka penentuan peserta didik dilakukan dengan memprioritaskan jarak tempat tinggal calon peserta didik yang terdekat dengan sekolah.
  4. Peserta didik baru yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dibuktikan dengan bukti keikutsertaan peserta didik dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari Pemerintah Pusat atau Pemda dan surat pernyataan dari orang tua/wali yang menyatakan bersedia diproses secara hukum jika terbukti memalsukan bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu
  1. Dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan.
  2. Jika terdapat sisa kuota jalur perpindahan tugas orang tua/wali, maka sisa kuota dapat dialokasikan untuk calon peserta didik pada sekolah tempat orang tua/wali mengajar.
  3. Penentuan peserta didik dalam jalur perpindahan tugas orang tua/wali diprioritaskan pada jarak tempat tinggal calon peserta didik yang terdekat dengan sekolah. 
  1. Ditentukan berdasarkan:
    1. rapor yang dilampirkan dengan surat keterangan peringkat nilai rapor peserta didik dari sekolah asal; dan/atau
    2. prestasi di bidang akademik maupun non-akademik.
  2. Rapor menggunakan nilai rapor pada 5 semester terakhir.
  3. Bukti prestasi diterbitkan paling singkat 6 bulan dan paling lama 3 tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB.

Untuk Informasi lebih lengkap Silakan download file  kebijakan PPDB 2021 yang mengatur tentang Penerimaan Peserta Didik Baru tahun 2021 sesuai juknis yang tertuang dalam PERMENDIKBUD NOMOR 1 TAHUN 2021