1. Mengurutkan Data Sesuai Huruf Abjad

  • Pastikan data  sudah lengkap

    https://lh6.googleusercontent.com/y7Fm2lV7tR-frqD2aKdDAwEYoPtgWkAphpP4M_FmqxQYdSwHCCOGMIuYFc2WRsrL2Ra55b5LMitQQmkfMTqI_IqyO5FZ7Cis0kIrF_McMYvXoOs2hc7v5sJ7N3OuiZbpaYP2lQw5=s0

  • Lakukan “Blok” pada row atau kolom yang ingin dipilih

    https://lh3.googleusercontent.com/fqIMitU5C5s8ar-IXIfUT3zV3I0WKLR2iwO1ENENEqtX2P7N7dTEk2lTK47vMGuqkDdnuBNxCZ6mX56JuVL61MvhO-qPlTzLsxDVI_hjav3AlOGwZC5HABPZrxKgJPYfuKk6EPyo=s0

  • Setelah itu, navigasikan ke pilihan “Data” di bagian atas dan pilih “Sort”

    (Catatan jika memiliki “headers” dalam kolom jangan lupa untuk ceklis bagian “My list has headers”)

    https://lh3.googleusercontent.com/kJneHB3K2MqVyPO_ePndvFnl77KhFHeAtTF45Sd7l_vDpf_g_K_1pN5bebVBJ3bZvsS2voLj5sqb0hgcOxoqiyqiu6MVtp-HPOr12zi5qPUAHWjNcpYXohPQp4qsjqoy6vhk5pjx=s0

  • Lalu, klik tombol OK dan data sudah tersusun!

    https://lh4.googleusercontent.com/OeKBBtp1pPumc5bPrN_cgpy9EQ_CF7s5R0Ysxqv1rPyEiQXTv2iJC2cPp_fIkFIZ3L2OMPOA392UhopBL6hJAcTuhf-Gr0mzQnJQoZcBdWvSIoK4c5dqP8REZVxQYdDuwURNnhow=s0

Terkadang, tidak semua sorting data hanya ingin mengurutkan satu kolom saja, tetapi ingin mengurutkan dua atau bahkan lebih dalam sekaligus. Misalnya seperti, mengurutkan nama pengunjung, tanggal kedatangan pengunjung serta transaksi yang dilakukan. Adapun langkahnya sebagai berikut:

  • Blok sel yang ingin diurutkan atau disortir

    https://lh6.googleusercontent.com/_Bsusg_qw_DWYm0OfUdVZ019rkNRCtIBRMWo7aEWrT153EyEEeaSyJAnPw1aXbgfdV5gEVQcOyV5ZNdWtSuQNxuOZAsMI8Gq8hKEAJQWTC6lw_Tiof5pXtYSMmQknuvJ1mO4X9nq=s0

  • Pilih klik ribbon Home dan pada bagian kanan pilih tombol “Custome Sort” kemudian Sort

    https://lh5.googleusercontent.com/eFpsEG0B3Tp25v4l-A1YFp62GxGhRmca5HhyNhfzrl3wgeF-OK7WjAu3ZFZvuEqQl_k2Rvikj6JLWXmIhifLWYzUqcm8xalTvePQg8lUeOBc3vc2YzhNTQeNZ5zKE2_GJ6zwN40E=s0

  • Maka dapat mengurutkan sesuai keinginan. Misalnya seperti melakukan pengurutan tanggal kedatangan, nama pengunjung dan transaksi yang dibeli. Maka pengurutannya sebagai berikut

    https://lh3.googleusercontent.com/xARHkFiU2O8moX2yfazkaSt4SPdpDC4NaK-7DlmmKY4lwDEyNzVIKyCGcle2HTNRBRjebwf2zlySmcD7nT7Zo2f8INjh-yephNyUfKr-Yr5RtLqlLqUA2Xi1hhmRkvVN8RADtgM0=s0

    Jangan lupa untuk “Add Level” lalu isi kotak “Then By” 

  • Klik tombol OK dan data yang kamu miliki sudah tersusun.

    https://lh4.googleusercontent.com/2oP3HKwyZSSXsesVRNsacWDrMZu-b6KXkgxGWsLGOVAhw07pqqkUrUzg2LQvbwO1SrBf5znx54IAgKeY4mYE3ZgW46RZargjzeh-_7RZKc2NZ87i8RvPXS77AfL1Ly77swKyGYgX=s0

 

3. Penggunaan Warna dalam Menyortir Data

Adapun cara lain untuk yang ingin menyortir data menggunakan warna, biasanya teknik ini digunakan untuk melihat jenis data berdasarkan ketentuan yang sudah ada misalnya seperti pendataan nilai siswa dibawah rata-rata, memiliki nilai rata-rata, atau diatas rata-rata sekalipun.  caranya sebagai berikut:

  • Pilih atau blok sel yang ingin disortir

    https://lh3.googleusercontent.com/5AMS5B8CIfV7ogQFrFhpd9MgASQvxegMbUEpOTpr3-ZLnkqtuXEy0rEbxKihPiRUeMy_AAslLqvlvazbDEm3RtK2wheDe7FzJcvKinJGahD5Q0wRkq1AegxLqpFWSKA_phKF3TJG=s0

  • Klik “Data” yang ada di toolbar dan pilih “Sort”https://lh3.googleusercontent.com/plX3AGaIY5sR-82UHkDirfBg0gAXOo9jUbRbZ8utonn7R5B00jmCFrFw-pQ8qhzaOmy_eYsud17A5iDzLJ8z_XOtoI5RMcnZcouBGhsQKlt9D3YwH0mS5ss--HA3J3MLr3L_QvAM=s0

  • Jika memiliki “headers” dalam kolom jangan lupa untuk ceklis bagian “My list has headers”https://lh5.googleusercontent.com/erC6JfsKhYKTwGpBrpgigMhy-FAJ4vlYUArmVymiYQUmUdukJRSHUmdHo2-yMvW0auAI58br497Z8OkkEvoHxX4F5B9pQn9Rn8TNhxyKHUmjupP92TVFz8KpJCfBsEBiW0C2l39k=s0

  • Maka akan tampil lima kolom, pada kolom pertama ingin mengurutkan nilai. Maka, pilihlah “Nilai”. Selanjutnya saat memilih untuk “Short On” pilih “Cell Color”.Tekan tanda “+” di bawah kiri untuk melakukan hal yang sama pada nilai hijau, kuning dan merah

    https://lh5.googleusercontent.com/iXZJRlq-PpC622LiinhZ8ib5eoti7DI2dC8jnWT0Te3xHNzQ-CCXbsccfM1kDeyAHqCLLkXh1etzMdBQ7oLZFSxdubTAHDDdTcuOyCKeMGc85BloY1nQQ7_JOZec9HQc42PLdx3X=s0

    Pada akhir kolom “Color/icon”, bisa memilih warna sesuai ketentuan. Pada kasus ini, nilai diatas rata-rata berwarna hijau, nilai rata-rata berwarna kuning, dan dibawah rata-rata berwarna merah.

  • Kemudian pilih OK dan hasilnya akan seperti ini

    https://lh6.googleusercontent.com/Al_0X8Dr-3n6kfo3qNlYGrsPCsp_mYpANmgDuklbHh1C5-JOVJXe-kZfUylpOp55-QytD1Zxg9gPY8y1LhG8cRiBjEwa3_4EJOZ0X-58Mfr_eyrd44TYmzwSuIlxRuUM74ZB-Em9=s0

4. Cara Menggunakan Filter data di Excel

Autofilter pada excel atau sering disebut filter adalah sebuah menu di excel yang berfungsi untuk menyaring data atau menampilkan data yang diinginkan berdasarkan kriteria tertentu. filter data di excel sangat bermanfaat jika bekerja dengan data yang besar, dari data yang besar tersebut dapat dengan mudah dianalisa dan ditampilkan sesuai dengan kebutuhan. menu filter ini juga dapat digunakan sebagai media reporting yang sederhana, untuk menampilkan data dengan pemfilteran satu variabel atau multi variabel.