1. Mengurutkan Data Sesuai Huruf Abjad
Pastikan data sudah lengkap
Lakukan “Blok” pada row atau kolom yang ingin dipilih
Setelah itu, navigasikan ke pilihan “Data” di bagian atas dan pilih “Sort”
(Catatan jika memiliki “headers” dalam kolom jangan lupa untuk ceklis bagian “My list has headers”)
Lalu, klik tombol OK dan data sudah tersusun!
Terkadang, tidak semua sorting data hanya ingin mengurutkan satu kolom saja, tetapi ingin mengurutkan dua atau bahkan lebih dalam sekaligus. Misalnya seperti, mengurutkan nama pengunjung, tanggal kedatangan pengunjung serta transaksi yang dilakukan. Adapun langkahnya sebagai berikut:
Blok sel yang ingin diurutkan atau disortir
Pilih klik ribbon Home dan pada bagian kanan pilih tombol “Custome Sort” kemudian Sort
Maka dapat mengurutkan sesuai keinginan. Misalnya seperti melakukan pengurutan tanggal kedatangan, nama pengunjung dan transaksi yang dibeli. Maka pengurutannya sebagai berikut
Jangan lupa untuk “Add Level” lalu isi kotak “Then By”
Klik tombol OK dan data yang kamu miliki sudah tersusun.
3. Penggunaan Warna dalam Menyortir Data
Adapun cara lain untuk yang ingin menyortir data menggunakan warna, biasanya teknik ini digunakan untuk melihat jenis data berdasarkan ketentuan yang sudah ada misalnya seperti pendataan nilai siswa dibawah rata-rata, memiliki nilai rata-rata, atau diatas rata-rata sekalipun. caranya sebagai berikut:
Pilih atau blok sel yang ingin disortir
Klik “Data” yang ada di toolbar dan pilih “Sort”
Jika memiliki “headers” dalam kolom jangan lupa untuk ceklis bagian “My list has headers”
Maka akan tampil lima kolom, pada kolom pertama ingin mengurutkan nilai. Maka, pilihlah “Nilai”. Selanjutnya saat memilih untuk “Short On” pilih “Cell Color”.Tekan tanda “+” di bawah kiri untuk melakukan hal yang sama pada nilai hijau, kuning dan merah
Pada akhir kolom “Color/icon”, bisa memilih warna sesuai ketentuan. Pada kasus ini, nilai diatas rata-rata berwarna hijau, nilai rata-rata berwarna kuning, dan dibawah rata-rata berwarna merah.
Kemudian pilih OK dan hasilnya akan seperti ini
4. Cara Menggunakan Filter data di Excel
Cara Filter data di excel :
Menu filter dapat anda akses pada Tab Data dan dikelompokan kedalam group Sort and filter seperti pada gambar siatas. Semua tipe data (text, angka, tanggal, jam) pada excel dapat dilakukan pemfilteran data, hanya saja kondisi untuk masing-masing tipe data akan berbeda. pada menu filter terdapat 3 icon yaitu :
- Clear : Digunakan untuk mengembalikan data seperti semula setelah data terfilter.
- Reapply : Digunakan untuk memfilter ulang ketika terjadi perubahan data.
- Advance filter : Digunakan untuk memfilter data dengan kriteria yang kompleks.
Langkah-langkah untuk memfilter data sebagai berikut.
- Pastikan data anda mempunyai Judul kolom atau header.
- Letakan kursor (pointer) pada area data.
- Masuk ke tab data pilih menu Filter atau dapat anda gunakan shortcut CTRL+SHIFT+L
- Pastikan Setiap judul kolom atau header terdapat dropdown filter.
untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini