Cara Membuat Daftar Isi di Word yang Rapi dan Benar
Bayangkan ketika bekerja dengan dokumen yang sangat panjang di Microsoft Word, seperti skripsi, proposal, atau karya ilmiah. Tergantung dengan proyeknya, mungkin puluhan atau bahkan ratusan halaman panjangnya!
Jika berurusan dengan dokumen yang panjang terkadang sulit mengingat halaman mana yang memiliki informasi apa. Untungnya, Word menyediakan masukkan daftar isi, sehingga memudahkan untuk mengatur dan menavigasi dokumen.
Apa itu Daftar Isi?
Daftar isi sama seperti daftar bab di awal sebuah buku. Bagian ini mencantumkan setiap bagian dalam dokumen dan nomor halaman tempat bagian itu dimulai.
Namun, dengan format yang benar, Word dapat membuat dan memperbarui daftar isi secara otomatis. Berikut fungsi umum dari daftar isi:
- Memberi kesan pertama yang baik
- Membantu menyusun materi penulisan
- Membantu memberi pembaca garis besar dari dokumen tersebut
- Membantu pembaca menemukan apa yang mereka cari dengan cepat
- Membuat dokumen Anda lebih mudah didiskusikan
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis
Untuk cara membuat daftar isi otomatis di Word yang mudah diupdate, dapat melakukannya dengan memilih heading styles ke text yang ingin disertakan di daftar isi. Setelah itu, Word akan secara otomatis membangun daftar isi dari berbagai heading yang ada di dokumen.
Terapkan Heading Styles
Cara buat daftar isi otomatis pertama adalah pilih teks yang ingin dimasukkan ke dalam daftar isi, kemudian di tab Home, piilh heading style, misalnya Heading 1.
Lakukan ini untuk setiap text yang ingin dimasukkan ke dalam daftar isi. Misalnya, jika menulis sebuah buku, dapat menggunakan Heading 1 untuk setiap judul bab di buku.
Cara Membuat Daftar Isi ke Dokumen
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Word menggunakan heading di dokumen untuk membangun daftar isi otomatis yang di update langsung saat mengubah heading text, sequence, atau level.
- Klik dimana ingin memasukkan daftar isi
- Klik References > Table of Contents , kemudian pilih salah satu style dari list Automatic Table of Contents yang tersedia.
Dengan Microsoft Word juga bisa memformat atau mengkostumisasi daftar isi. dapat mengubah font, jumlah heading level yang digunakan, dan memilih apakah ingin menggunakan titik-titik di antara judul bab dan nomor halaman.
Mengaktifkan hyperlinks dengan satu klik
Di Microsoft Word, hyperlink juga dibuat yang menghubungkan judul dalam daftar isi ke judul dalam dokumen. Untuk mengikuti link, tahan saja tombol Ctrl dan klik pada judul dalam daftar isi.
Jika menekan Ctrl tampak seperti langkah ekstra dan merepotkan, bisa membuatnya sehingga bisa mengikuti link hanya dengan sekali klik.
- Klik File > Options .
- Di kotak dialog Word Options , klik Advanced .
- Di bawah Editing options , batalkan pilihan Use CTRL + Click to follow hyperlink.
Ubah atau tambahkan level dalam daftar isi
Jika ingin mengubah level entry daftar isi individu, ubah level judul teks itu di dokumen.
Untuk mengubah jumlah level yang ditampilkan dalam daftar isi yakni mengganti tabel yang ada dengan yang berisi level yang diinginkan. Cara yang lebih pendek namun lebih teknis untuk melakukannya adalah dengan mengedit informasi field code.
Ubah level entry judul pada Daftar Isi
Untuk mengubah level entry dalam daftar isi cukup ubah level judul teks itu di dokumen.
- Klik judul yang ingin Anda ubah.
- Pada tab Home , di grup Styles , klik judul yang diinginkan.
- Pada tab References , klik Update Table .
- Klik Update entire table , dan kemudian klik OK .
Ganti daftar isi
Klik References > Table of Contents > Custom Table of Contents
Pada kotak dialog Table of Contents , dalam daftar Show levels , pilih jumlah level yang diinginkan, dan kemudian klik OK.
Misalnya, jika mengklik 2, maka semua teks dengan gaya Heading 1 atau gaya Heading 2 yang diterapkan akan ditampilkan di daftar isi.
Bila ditanya apakah ingin mengganti daftar isi yang ada, klik Yes .
Edit informasi field code
Word menyisipkan field secara otomatis saat menggunakan perintah tertentu. Misalnya, ketika menambahkan nomor halaman, Word memasukkan Page field. Saat membuat daftar isi, Word memasukkan TOC field.
Sehingga dapat mengedit informasi kode lapangan dengan cepat mengubah jumlah level yang ditunjukkan di TOC.
Klik di daftar isi, lalu tekan Alt + F9. Informasi field code akan muncul di antara kurung kurawal.
Ubah angka dalam tanda petik. Misalnya, jika ingin hanya menampilkan dua level, ubah “1-3” menjadi “1-2”.
Tekan Alt + F9 untuk menampilkan daftar isi lagi.
Perbarui daftar isi untuk melihat perubahan Anda ( References > Update Table ).
Format Daftar Isi
Bila ingin menambahkan daftar isi makalah, buku, maupun laporan di Word, juga dapat menyesuaikan tampilannya. Misalnya, dapat memilih berapa tingkat judul yang akan ditunjukkan dan apakah akan menunjukkan titik-titik di antara judul dan nomor halaman.
Sehingga dapat mengubah format teks dari daftar isi dan format itu akan terus tersimpan tidak peduli berapa kali Anda memperbarui daftar isi.
Mengubah layout daftar isi Anda
Pada tab References , pilih Table of Contents > Custom Table of Contents
Buat perubahan di dialog box Table of Contents . di area Print Preview dan Web Preview.
- Untuk menambahkan garis titik-titik di antara setiap judul dan nomor halamannya, klik Tab leader dan kemudian pilih garis titik-titik. dapat memilih dash leader atau menghilangkan garis titik-titik tersebut seluruhnya dan membiarkan bagian antara judul dan nomor halaman tersebut kosong.
- Untuk mengubah penampilan daftar isi, klik Format , kemudian klik format yang diinginkan.
- Untuk mengubah jumlah level yang disajikan di daftar isi, klik Show levels , kemudian pilih nomor level yang diinginkan.
Klik OK
Format text di daftar isi
Yang tak boleh dilupakan ketika membahas cara buat daftar isi tentunya adalah format text. Untuk mengubah tampilan text di daftar isi , ubah style untuk setiap level di daftar isi.
Pada tab References dari Ribbon klik Table of Contents > Custom Table of Contents .
Pada kotak dialog Table of Contents , klik Modify . Jika tombol Modify berwarna abu-abu, ubah Format menjadi From template .
Dalam daftar Styles, klik level yang ingin diubah lalu klik Modify .
Di kotak dialog Modify Style , buat perubahan format yang Anda inginkan, lalu klik OK .
Ulangi langkah 3 dan 4 untuk semua tingkat yang ingin ditampilkan di daftar isi.
Mengubah dan Mengupdate Daftar Isi
Jika menulis bab lain di buku dapat menambahkan judul bab lain, highlight judul itu, dan klik Heading 1.
Atau, misalnya, katakanlah ingin mengubah judul Bab 3. Ubah saja sesuai dengan keinginan.
Setelah melakukan semua perubahan ini, lihat bagian atas dokumen dan temukan daftar isi. Klik pada menu dropdown dan klik Update Table > Update all table untuk memastikan bahwa daftar isi terupdate sesuai dengan yang keinginan.