Cara Mengatur Spasi di Word – Spasi adalah istilah dalam word untuk jarak antar huruf, jarak antar kata ataupun jarak antar baris dalam setiap paragraf yang diketik melalui Microsoft Word. Setiap mengetik atau menulis beberapa paragraf di word terkadang perlu diatur jarak spasi nya agar paragraf terlihat menarik dibaca dan tersusun rapi. 

Biasanya setiap mengetik atau menulis, microsoft word sudah mengatur jarak spasi secara default. Tapi terkadang setiap huruf terlalu rapat, kurang renggang dan setiap kata jaraknya terlalu renggang. Jadi perlu adanya pengaturan ulang agar tampilan dokumen per paragraf terlihat rapi dan nyaman untuk dibaca.

Ada 3 jenis spasi di word yang bisa diubah yaitu jarak spasi antar huruf, jarak spasi antar kata dan jarak spasi antar baris. 

1. Cara Mengatur Spasi Antar Huruf

Yang pertama adalah cara mengatur spasi antar huruf. Cara ini dilakukan apabila setiap huruf di setiap kata terlihat terlalu rapat atau renggang sehingga perlu mengatur jarak spasinya, untuk mengaturnya ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Buka dokumen yang akan dirubah jarak spasinya
  • Bila sudah dibuka, cari dan blok kata yang terlihat renggang atau rapat
  • Jika sudah di blok, masuk ke menu Home
  • Pada kolom Font klik tanda arah panah kebawah
cara mengatur spasi di word
  • Setelah muncul tampilan menu Font, pilih tab Advanced, kemudian pada bagian Spacing terdapat 3 pilihan yaitu Normal untuk spasi normal, Expanded untuk merenggangkan spasi, Condensed untuk merapatkan spasi, dan bila kurang renggang atau rapat, custom jarak spasi yang diinginkan di kolom By
cara mengatur spasi di word
  • Bila sudah dipilih, klik OK maka jarak spasi otomatis akan berubah

 

2. Cara Mengatur Spasi Antar Kata

Selanjutnya ada cara mengatur jarak spasi antar kata atau kalimat. Terkadang jika mengatur margin rata kanan kiri atau justify ada saja satu baris yang terlihat terlalu renggang. Dan masalah ini bisa diatasi dengan cara dibawah ini.

  • Buka dokumen yang akan diubah jarak spasinya
  • Blok kalimat atau paragraf yang akan diatur jarak spasinya
  • Kemudian masuk ke menu Home dan klik tanda arah panah ke bawah pada kolom Font
  • Kemudian akan muncul tampilan menu Font, pilih tab Advanced
  • Untuk mengatur jarak spasi antar kata atau kalimat, ubah pada bagian Scale
cara mengatur spasi di word
  • Ubah sesuai dengan kebutuhan atau sampai paragraf terlihat rapi
  • Bila sudah klik OK maka otomatis jarak spasi akan berubah

 

3. Cara Mengatur Jarak Spasi Antar Baris

Yang terakhir ada cara mengatur jarak spasi antar baris. Biasanya setiap membuat makalah atau laporan terdapat aturan untuk jarak spasi antar baris. Dan cara untuk mengaturnya sobat bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Buka dokumen yang akan dirubah jarak spasi antar barisnya
  • Bila sudah dibuka, blok semua dokumen yang akan diatur jarak spasinya dengan cara menekan tombol CTRL + A secara bersamaan
  • Setelah itu masuk ke menu Home dan pada kolom Paragraph klik tanda arah panah ke bawah
  • Bila sudah, akan muncul tampilan menu Paragraph
  • Pilih tab Indents and Spacing
  • Untuk mengatur spasi, klik pada bagian Line Spacing, terdapat beberapa 6 pilihan yang bisa dipilih yaitu, Single, 1,5 lines, Double, At least, Exactly dan Multiple
  • Bila menginginkan jarak spasi custom, dapat mengisikannya pada kolom At
  • Bila sudah dipilih, langsung klik OK maka otomatis jarak spasi akan berubah
  • Ada cara lain yang bisa gunakan untuk mengatur spasi yaitu dengan mengklik icon Line and Paragraph Spacing di menu Home > kolom Paragraph.
  • Selain itu juga bisa menggunakan tombol kombinasi keyboard untuk mengatur jarak spasinya
  • Yakni blok semua paragraf dengan cara tekan CTRL + A
  • Bila sudah tekan CTRL + 1 untuk jarak spasi single atau 1, CTRL + 5 untuk jarak spasi 1,5 dan CTRL + 2 untuk jarak spasi double atau 2