Opening SMASA GENERATION (SG)  yang ke-30 digelar pada hari Rabu, tanggal 24 Januari 2024 kemaren sangat meriah dan dimeriahkan oleh berbagai kegiatan pentas seni seperti tari tradional, baris berbaris, marching band, band, dance dan lomba maskot fun walk.

Dengan mengambil tema GANTARA yang berasal dari kata Ganarasi Tangguh wan Tarang yang berasal dari bahasa banjar, dan dapat diartikan sebagai generasi yang tanggung dan cemerlang. Dekorasi warna ungu mewarnai hampir seluruh lapangan sekolah juga mengambil konsep fantasi.

Kegiatan diawali dengan pawai fun walk dari seluruh kelas dengan menggunakan berbagai kostum animasi yang unik dan diiringi grup Marching Band “Gema Paramarta” yang merupakan ekstra kurikuler baru di SMA Negeri 1 Banjarmasin. Kemudian, dilanjutkan dengan persembahan dari tari tradisional yang menampilkan tari nusantara untuk menyambut tamu undangan. Selanjutnya acara formal dipandu oleh Putera Puteri SMASA 2023, lagu Indonesia Raya-Mars Bergerak-Mars SMASA, penampilan dari ekskul PKBR, Doa yang dipimpin oleh Ustad Abdan Nizami, S.Pd, sambutan dari ketua panitia SG 30 Pandu Satrio Wicaksono, Kepala SMA Negeri 1 Banjarmasin, dan sambutan Gubernur Kalimantan Selatan Bapak H. Dr (HC) Sahbirin Noor, S.Sos, M.H yang diwakili oleh Ibu Hj. Husnul Khotimah, S.H, M.H, selaku staf ahli kemasyarakatan dan SDM, yang dilanjutkan dengan pemukulan gong tanda dibukanya SMASA GENERATION ke-30, pelepasan balon dan pemotongan tumpeng. Pada SG ke-30 ini, juga dilakukan bhakti sosial yang dilakukan sehari sebelumnya di panti asuhan, dan penyerahan simbolis dilakukan juga kepada perwakilan panti asuhan dan tenaga kerja sekolah.

Event SG ke-30 ini juga dimeriahkan oleh penampilan dari ekskul band, karate, dance dari The One Crew, pentas seni dari kelas XII IPS 1 serta band guru (Gentayangan Band). Selanjutnya juga penampilan parade maskot dari perwakilan kelas yang menjadi ciri khas dari opening SMASA GENERATION. Parade maskot dan fun walk per kelas juga dilombakan, sehingga menjadi ajang yang selalu ditunggu para siswa setiap tahun. Tak lupa, para siswa mengabadikan kemeriahan event ini dengan berfoto di fotobooth yang sudah disediakan.